Senin, 31 Agustus 2015

Menghargai kerajinan Indonesia

Saya yakin kalian semua bisa membedakan mana kerajinan asli Indonesia dan kerajinan negara lain. Pernak-pernik tangan orang Indonesia begitu diakui oleh masayarakat mancanegara. Saya terheran-heran ketika beberapa teman di luar negeri pamer kerajinan yang dibeli di tempatnya. "Ini buatan Indonesia lho. Keren kan?!"

Orang bule aja mengakui kualitas kerajinan Indonesia. Kehalusan dan nuansa khas Indonesia lebih mudah terlihat daripada produk kerajinan yang lain. Sayangnya kehebatan ini hanya diketahui oleh orang-orang di luar sana, tidak di dalam negeri. Masih sedikit orang yang memandang kerajinan sebagai benda yang bernilai dan bisa dijual. Hal ini karena informasi tentang kerajinan Indonesia kurang banyak, kurang masif, kurang menunjukkan kehebatannya. Efeknya, daya beli masyarakat Indonesia terhadap kerajinan tangan masih belum mendongkrak ekonomi yang menjanjikan.


Nah, kini sudah ada kerajinan.id. Situs yang mengambil peran dalam sosialisasi kerajinan Indonesia di Indonesia. Bahwa Indonesia dengan segala keragamannya mempunyai pernak-pernik yang bernilai. Situs ini mengakomodasi pemilik gerai kerajinan dengan masyarakat yang lebih luas. Memperkenalkan produk anak bangsa dan berusaha menjembatani informasi tentang kerajinan Indonesia kepada masyarakat lokal Indonesia.

Dibuat berbahasa Indonesia agar masyarakat Indonesia lebih "betah" dan tidak gagap. Berkonsep e-commerce yang familiar dengan situs belanja online lainnya.
Tampilannya, menurut saya bersih dan navigasi yang ringan membuat betah untuk surfing menjelajah di berbagai link yang ditawarkan di dalamnya.




Saya sih berharap, para pembaca tidak hanya menjadi penonton dan pengagum kerajinan Indonesia. Semoga kalian-kalian semua bisa membeli produk Indonesia asli. Atau bahkan bisa memajang hasil karya sendiri di situs tersebut. Mumpung masih sepi barangnya, nanti kalau sudah ramai bakalan kewalahan.



Sekarang, di dalam benak masing-masing kalian pasti ada ide-ide yang sedang meloncat-loncat untuk segera dituangkan dalam bentuk kerajinan. Ada sesuatu yang ingin segera diwujudkan, kemudian difoto, kemudian diunggah ke dunia maya sebagai bentuk kerajinan yang layak untuk dijual.

Masih belum banyak barang yang ditampilkan karena situs ini masih terbilang baru. Oleh karena itu, segera beriklan di sana, GRATIS! Syarat dan ketentuan berlaku. Tidak rumit kok, hanya untuk verifikasi agar produk yang dijual dan ditampilkan memang berkualitas. Ayo, tunggu apa lagi, segera meluncur ke www.kerajinan.id

8 komentar:

  1. Keren ya Mas.. Semoga semakin banyak yang bergabung dan berkarya lebih banyaakkk lagi..

    BalasHapus
  2. aku cinta indonesia loh

    suka batiik sendalnya tuuh yang item *comot

    btw, pa kabarnya Bang mandor, lama tak berkunjung kesini hihii

    BalasHapus
  3. beli buat oleh-oleh sekaligus melestarikan kerajinan tradisional indonesia ya

    BalasHapus
  4. Keren konsepnya. Semoga bisa bersaing di tengah ketatnya dunia online shop Indonesia! :)

    BalasHapus
  5. Waaah, boleh juga situs ini. Saya baru tahu. Makasih banyak ya, Mbak. Jujur, saya suka hasil kerajinan :)

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu website ini. Semoga rajin diapdet deh biar bisa sering mampir kesana

    BalasHapus
  7. sebenernya kerajinan kita ga kalah sama yang dari luar. cuma banyak orang indo yang gengsi, maunya pke product luar

    BalasHapus

Ada komen, silahkan.
Mohon maaf jika tersandung Chapcha, setting saya sudah non-aktif tapi mungkin ini adalah kebijakan blogspot. Terima kasih