Sabtu, 22 Februari 2014

maksudnya apa

Ada ungkapan yang memang tidak bisa dimengerti. Ada juga ungkapan yang tidak peduli pendengarnya mengerti atau tidak. Ada juga ungkapan yang diharapkan pendengarnya mengerti maksudnya tapi malah salah terima. Ada juga yang salah persepsi sehingga fatal akibatnya.
Kita ini dididik untuk selalu, saya ulangi, selalu mengartikan setiap kata yang muncul dari seseorang. Dan kadang kala perkataan kita malah ditanyakan apa maksudnya, padahal sudah jelas-jelas ya maksudnya ya yang dikatakan itu.
Apa susahnya sih berbicara apa adanya, tanpa maksud tersembunyi, tanpa maksud dibalik pernyataan-pernyataan yang dibuat. Agar tidak membingungkan pendengar maupun pengucap.

Untuk sebuah lengkung yang terfungsi, penghitungan luas, volume dan momen bisa menggunakan integral yang homogen. Masalahnya ada banyak sekali luasan yang tidak bisa terfungsikan secara pasti. Contohnya badan kapal, sayap, gelombang ombak, atau permukaan kaca pilot. karena fungsinya sulit diketahui secara ilmu pasti, maka estimasi  penghitungan bisa menggunakan metode integrasi numerik melalui 2 cara yaitu aturan Trapesium atau aturan Simpson.

Maksudnya apa? Bahasa akademis yang ndakik-ndakik sangat tidak terjangkau oleh otak saya. Pertanyaan saya agar mengulangi penjelasan pasti akan dijawab dengan "silakan baca buku manual saja". Tetep saja mumet.

"Kesimpulan yang diambil itu sangat bagus untuk diterapkan. Hasil diskusi ini semoga membawa pabrik ini lebih baik. Saya sangat mengapresiasi meeting ini beserta hasil keputusan untuk kemajuan kita bersama."

Maksudnya apa? Kalau hanya ngomong seperti itu, gak ada efeknya terhadap hasil keputusan yang sudah diambil. Padahal tadi dalam meeting sudah berdebat ide ini itu, kemana aja? Dia gak ngomong apa-apa, gak ada masukan, bukan notulen, bukan pemgamat. ee sesudah kesimpulan dan keputusan didapat
 malah ngomong seperti itu, gak penting, gak ngomong juga gak ngaruh pak.

"Pak Direktur dari luar negeri mau datang ke kantor kita! Tolong bereskan!"

Pak Bos bicara singat di telepon seperti itu, tanpa penjelasan. Maksudnya apa? Semua orang sudah kerja keras demi "pemberesan" yang tidak jelas ini, bahkan kerjaan harian pun ditinggal sementara. namun pemberesan yang dilakukan tidak akan terlihat di mata pak Bos. Yang terlihat hanyalah apa-apa yang tidak dilakukan. Ini kenapa tidak ada slide penyambutan, ini kenapa masih kotor, ini kenapa laporan produksi tidak update, ini kenapa, itu kenapa?

"Saya kan sudah membenahi jalan-jalan kalian yang rusak. Saya juga sudah mengundang pagelaran wayang golek tiap akhir bulan. Saya juga sudah memberikan santunan kepada orang-orang miskin di daerah kalian. Saya kurang apa sih?"

Lho pak, sampeyan ngomong gitu maksudnya apa? Kalau hanya pengen dipilih jadi caleg, ya langsung saja ngomong ke warga pilih saja jadi caleg. Jangan ungkit-ungkit pemberianmu 6 bulan yang lalu karena sampeyan gagal terpilih.

Jam berapa sekarang ?

Maksudnya apa? Pertanyaan seperti itu sangat gampang dijawab. Dia bisa melihat sendiri di mana saja. Di rumah-rumah, di warung, di kantor selalu tersedia jam dinding. Bahkan di HP nya sendiri pun sudah tertera jam. Sekarang sudah jam 1 siang. Jawaban saya "Makan yuk ?!" Langsung sumringah wajahnya.

Kamu cantik!

Maksudnya apa? kamu pasti bohong ah, gak mau aku digombalin seperti itu. Banyak yang bilang seperti itu,masalahnya ada sesuatu di balik ucapan itu. Sesuatu itu ada maunya, Maunya apa, baru ketahuan setelah beberapa hari kenalan.

Nonton bioskop yuk, Robocop. Jangan tanya lagi maksudnya apa!

14 komentar:

  1. Postingan ini maksudnya apa ya Mas? (hehe guyon saja)
    Menulis dan bicara mbulet mbundet membingungkan penerima pesan, meski juga bicara tok leh apa adanya disangka vulgar. ikut belajar seni menyampaikan maksud.
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. komen ini maksudnya apa ? wahahaha,
      saya sampe bingung posting ini. Saya hanya mengumpulkan serpihan"maksudnya apa" ini sehingga setiap ungkapan tersirat "kewajiban" untuk menggali lebih dalam yang terkandung dalam ungkapan.
      Tentunya bahasa yang baik adalah bahasa yang dimengerti oleh kedua belah pihak tanpa ada maksud lain

      Hapus
  2. ada maksud tersurat disetiap kata yang tertulis

    biar ga ditanya apa maksudnya bener to the point aja ya ra sah mbulet :D

    eh ini maksudnya apa juga ya? he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Wi3nd, maksud saya seperti itu, eh ... saya posting itu maksudnya apa yah hahahaha mbulet
      Yang bilang dan yang mendengarkan harusnya punya perspektif yang sama atas ungkapan yang dimaksud sehingga orang-orang baru seperti saya tidak salah tangkap dan salah mengerti

      Hapus
  3. He3 benar jg kata mb prih : "Postingan ini maksudnya apa ya Mas?"
    #maaf bercanda#

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaha...
      bahkan tawaran saya nonton bioskop pun masih ditanyakan, jangan-jangan ada udang di balik rempeyek. Jangan-jangan setelah nonton, dia malah disuruh beli dagangan saya hahahahaa

      Hapus
  4. Maksudnya apa?
    tak ada maksud apa-apa kok Pak,
    cuma ikut mbaca doang, trus nulis komen yang ga tau maksudnya apa.
    #kan malu kalau terus terang Pak Mandor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan nulis komen ini minta ditraktir es cendol dan sama nasi goreng hahahahaha

      Hapus
  5. Maksudnya biar bisa dimenegrti gitu deh Pak,
    tanpa banyak penjelasan, tapi hasil maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sayangnya saya nggak dikasih waktu buat bertanya detail. Maaf ya kalau salah dalam mengerjakannya

      Hapus
  6. ha ha.. penggambaran yang sangat bagus tentang ketidakjelasan & ketidak-efektifan komunikasi.
    Salam kenal Pak Mandor

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya mbak
      Apakah mbak pernah mengalami ungkapan-ungkapan bercabang seperti ini?

      Hapus
  7. Bisa nggak mas ditanya langsung ke beliau2 saat habis ngomong itu..'maksudnya apa?' jadi biar jelasss gitu..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya sih begitu, ditanyakan sejelas-jelasnya. Itupun kalau mereka mau njawab. Kita kan kebanyakan pengennya menganggap pendengar itu ahli kebatinan, harus mengerti maksud yang tersirat. kan repot hahahaha

      Hapus

Ada komen, silahkan.
Mohon maaf jika tersandung Chapcha, setting saya sudah non-aktif tapi mungkin ini adalah kebijakan blogspot. Terima kasih