Rabu, 11 November 2015

Waktu tepat

beberapa waktu lalu saya sempat membuat survey kecil seperti di bawah.

survey kecil nih
Apakah jam pribadimu (jam tangan, jam hape) waktunya tepat?
Jam pribadi tidak termasuk jam dinding rumah apalagi jam kantor. Tepat di sini artinya tidak disengajakan maju sekian menit atau mundur sekian menit. Kalau sekarang jam 10.00 ya memang jam pribadi menunjukkan jam tersebut. Kalau ada perbedaan 1-3 menit TANPA DISENGAJAKAN BEDA masih terhitung waktunya tepat.

Sebagian besar teman yang saya temui di tempat kerja, alhamdulillah waktunya tepat. Yang menarik adalah ketika ditanya "Jam berapa sekarang?"
"Jam sepuluh." Katanya.
Ketika saya ingin mengkonfirmasi dengan jam tangan yang dipakainya, ternyata ada lebih sekian menit. Kemudian dia menambahkan kalimat berikutnya "Jam saya maju 6 menit."

Nah, ini menarik.


Adakah yang pernah menanyakan kenapa? Sebagian besar menjawab "agar tepat waktu." Makanya jamnya dimajukan sepuluh menit. Ketika ada janji yang harus dikejar, dia melihat jamnya sudah mepet, ia bergegas. Sampai lokasi dengan waktu yang pas, ternyata dia baru ingat bahwa jamnya lebih sepuluh menit. Naah, ternyata masih ada waktu longgar "kemajuan" waktu tersebut untuk mempersiapkan diri atau melakukan yang diperlukan. Karena memang waktu perjanjian masih belum sampai.

Hhmm... jangan-jangan dia pelupa kalau pas terdesak. Sama sekali tidak ingat dengan "waktu sebenarnya" ketika ada hal-hal yang urgent.
Saya berpikir, orang ini adalah orang yang bermasalah dengan manajemen waktu yang digunakan. Alih-alih mengandalkan kelebihan waktu, sekarang ada banyak fasilitas reminder. HP dan gadget juga menjadi sekretaris yang manjur yang bisa dipakai sebagai pengingat waktu. Bahkan sekarang dikembangkan jam tangan yang pintar tidak hanya sebagai penunjuk waktu saja, namun sudah dipakai sebagai asisten olahraga bahkan bisa digunakan sebagai pengingat janji-janji yang harus diselesaikan.

Alhamdulillah ternyata saya mempunyai teman-teman yang sebagian besar mempunyai waktu yang tepat. Artinya, mereka tidak bermasalah dengan waktu yang dipunya. Bahkan survey saya di fesbuk menunjukkan angka 100% waktunya tepat.

"Lho, kamu sendiri bagaimana, kan punya HP?" Seseorang menanyakan ke saya
"Saya? Jam HP saya menunjukkan 10.42." Jawab saya enteng

@#$%$@$%#

8 komentar:

  1. paling gak suka kalau ada bikin janji..tapi si teman pake jam karet...melaaar jauh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jam karet mah sudah tidak usah ditanya lagi, mumet ngikutin jam karet itu

      Hapus
  2. Aku malah baru tahu cerita tentang mereka yang memajukan jamnya beberapa menit ke depan mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin di sana sudah tidak ada masalah dengan waktu mbak. Coba tanya beberapa orang di Indonesia, pasti ada satu atau dua orang yang punya kecenderungan kelebihan jam ini

      Hapus
  3. jam di mobil aku kecepetan 50 menit, bukan sengaja tapi karena gak ngerti gimana nge setting nya. setiap org yang pernah naik mobil aku disuruh cobain ngutak ngatik sampe skrg belum ada yg ngerti gimana setting jamnya. sampe bikin sayembara berhadiah teh botol, masih jg blm ada yg berhadil memecahkan teka teki itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalo yang ini masih belum ketemu juga masalahnya di mana xixixi

      Hapus
  4. jam tangan ku juga di cepetin waktunya 5 mnt hehe

    BalasHapus
  5. sms teman bilangnya otw , eh ternyata baru bangun..

    BalasHapus

Ada komen, silahkan.
Mohon maaf jika tersandung Chapcha, setting saya sudah non-aktif tapi mungkin ini adalah kebijakan blogspot. Terima kasih