Senin, 24 Februari 2014

My Monday is Yours

Sudah ketemu senin lagi ya. Lepas dari hari minggu, pastinya ketemu senin lagi. Langit terlihat mendung karena subuh tadi tanah diguyur hujan. Jalanan sudah pasti basah, keberangkatan pagi ini pasti banyak menemui kendala. Jalan lubang di sana-sini, licin.

Hayoo siapa yang tadi keluar rumah dengan meninggalkan rasa tidak ikhlas? Keluar rumah disertai teriakan, mutung, omelan, rasa tidak puas, tergesa-gesa, marah ... sekarang minta maaflah, mumpung masih siang.

Saya mengerti perasaanmu. hari senin itu adalah perubahan yang sangat drastis bagi sebuah rutinitas. Yang kemarin libur, sekarang malah disuruh masuk lagi, ketemu orang itu lagi, mengerjakan yang ini lagi. Sungguh membosankan. Tapi tahan dulu sejenak, bersabarlah untuk menunggu sore hari.


Untuk menghadapi hari senin minggu depan, berikut ada kegiatan yang sederhana yang bisa dilakukan semua orang.

1.Cium keluarga sebelum berangkat
Cium tangan ibunda sekaligus pipinya. cium tangan ayahanda. Cium pasangan anda, istri, suami. Cium anak-anak anda. Pastikan anda berangkat dengan perasaan penuh cinta. Berangkat dengan cinta akan mengawali hari senin anda dengan respon yang baik. Semua kejadian dipandang dari sisi kebaikan.

2. Lebih sering rem daripada gas
Saya tahu anda sedang terburu-buru, ingin cepat sampai,
ingin segera duduk, ingin segera lepas dari kemacetan, ingin terbebas dari hujan yang mungkin datang tiba-tiba. Tahan dulu ya, pastikan anda sedang berfokus pada rem. Saya tahu anda sangat cepat sekali sehingga rem harus difungsikan secara optimal. Yang naik angkot, ojek,maupun kereta juga begitu, jangan paksa-paksa pak sopir untuk melajukan kendaraannya dengan kencang. Sabar saja, kalau memang jatahnya telat ya besok senin harus berangkat lebih awal.

3. Lebihkan pembayaran pagi ini
Kepada penjual nasi tempat anda sarapan, kepada pedagang buah yang anda tawar, kepada penjaja kue langganan anda. Ketika anda membayar lebih, coba perhatikan raut wajahnya, anda akan menemukan surga. Di saat orang-orang sedang dalam pikiran kekalutan masing-masing, ternyata masih ada hati yang hadir, menjelma semacam malaikat. Meskipun sebenarnya lebih 2rb atau 5rb itu seperti menggunting kuku, bahkan anda pun merasa biasa-biasa saja.

"Lho,tadi kan tawar buahnya 12rb, kesepakatannya ya 12rb, ini kok 15 rb gak mau dibalikin?"
Senyumlah

4.Saling sapa antar teman
Pas ketemu teman, rekan kerja, rekan dagang, tetangga, pasang wajah sumringah, senang sekali ketemu dia. Jangan ingatkan dia tentang hasil ulangan hari kemarin, jangan bahas PR yang susah, nggak usah ngomongin masalah kerjaan dulu, hindari mbahas macet. Pagi-pagi harusnya ceria, bukan mengumbar keluhan dan kesalahan-kesalahan.
"Gimana kabarnya, sehat kan."
"Hari ini kelihatan ngganteng, rapi."
"Sini saya benerin bajumu biar tambah cantik."

5. Simpan keluhan sendiri
Ini yang paling susah, menyimpan keluhan sendiri di hari senin. Padahal sebenernya tuh pengen banget menumpahkan segala isi hati segala kejadian minggu kemarin dan kekhawatiran hari ini.
Tahukah anda, semua orang itu sudah bosan mendengar cerita keluhan apalagi di hari senin. Sedikit sekali orang yang menyediakan telinga untuk mendengarkan keluhan, apalagi mencarikan solusi. Kebanyakan malah menjauh, dan orang akan lebih senang mendekat kepada mereka-mereka yang (kelihatannya) tanpa beban di hari senin.

Simpan saja dulu keluhanmu, ceritakan nanti saja, ketika tersedia telinga-telinga malaikat yang menjelma seseorang untuk mendengarkan keluhanmu dengan hati luas.

48 komentar:

  1. Mas, kamu bijak banget, sih. :D
    Semangat terooooslah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tumben-tumbenan saya jadi bijak bestari. Biasanya sih gak gitu hahahaha

      Hapus
  2. siapp, jadi jangan banyak mengeluh ya :) yang denger bosan nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman saya sih begitu bunda, orang lagi ingin menikmati pagi hari kok sudah dideketin buat keluhan. Malah kabur orangnya

      Hapus
  3. hari senin tanggal tua, rasanya berat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah kalau yang ini memang jadi penyakit seorang pemuda hahahaha, tenaang sebentar lagi gajian

      Hapus
  4. Dari semalem udah di guyur hujan
    Kalo ngikutin males ...emang ogah jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari bangkitkan semangat, meski hujan, kerja harus terus dilakukan

      Hapus
  5. Balasan
    1. alhamdulillah semoga bisa dilakukan

      Hapus
  6. bunda ikutan saling sapa Pak Mandor disini .... :)

    apa kabar Pak Mandor?

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabar saya baik bunda, seneng sekali pagi ini

      Hapus
  7. 5 Cara bijaksana yang jauh dipikirkan orang. Kalau dipikir-pikir boleh juga ngikuti cara diatas. Baca aja perasaan jadi ikut adeem :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. membacanya tadi setelah kehujanan ya, tubuhnya jadi adem semua

      Hapus
  8. Tips menarik mas ;)
    Simpan keluhan .. biasa kalo disimpan akhirnya gak jadi keluar, malah bisa plong juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah itu juga bisa, keluhan itu sebenarnya kalau didiamkan juga gak papa kok. Hanya gejolak sesaat saja, setelah tidak ada respon, akan surut dengan sendirinya

      Hapus
  9. keep smileeee..... :) *ngguyangguyu dhewe nang ndalan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaha gak masalah ngguyu dhewe, yang penting tidak mengganggu orang hahaaha

      Hapus
  10. iya kenapa ya ada penyakit hari Senin, semua orang mau buru2, selalu macet kl nggak berangkat lebih pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyakit hari senin, penyakit pagi, penyakit terburu-buru kenapa harus bersamaan dan bareng2 banyak orang

      Hapus
  11. hehehe baca poin 3 itu emang ajib banget dah
    pernah nanya bajaj eh minta 50k, tawar 25k dia minta 40k, gagal transaksi. datang bajaj ke 2 langsung kasi harga 30k ... penumpang lgs naik, pas turun kasi lebih pulak. kok gitu? iya, demen aja sama org yg ngasi harga pantas; bukan niat nyekek. jadinya dikasi bonus deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak nikee... sekarang kemana ajaaa ...

      Hapus
  12. Bagi pekerja freelance seper saya, semua hari sama. Tidak kenal hari libur dan hari kerja. Monday, tuesday, wednesday, thursday, friday, saturday, sunday, semua sama. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhaa itu lebih enak tidak ikut-ikutan tergesa-gesa seperti kebanyakan orang

      Hapus
  13. Semua hari sama buat emak-emak ini Pak Mandor.
    kalau cium keluarga sebelum mereka berkegiatan, harus itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo gitu ya, berarti emak-emak tidak perlu keluar rumah merasakan kesibukan jalan raya yang sudah menggila.

      Hapus
  14. Tipsnya semua sangat berguna, sederhana saja misalnya nambahin bayar bubur sarapan. Pasti hati langsung bahagia gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampeyan pernah ngalamin mbayar lebih itu gak? jarang sekali lho orang yang melakukannya

      Hapus
  15. Apa kabar mas Mandor?
    Mau sih gitu mas semua diterapin..cuma jangankan hari seninnya..malam senin pun kalau ingat besok senin udah pusing dan berat wekekeke...

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi minggu malam senin ada acara nonton bola. Setelah bola nya selesai stressnya kumat karena harus masuk lagi, rutinitas lagi hahahaha

      Hapus
  16. indahnya kalau semua orang tersenyum dan ikhlas seperti dirimu mas... hari senin pun serasa wiken ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, setiap hari harus bisa kontrol diri, kalau pas lagi waras. Kalau pas lagi ikut-ikutan gila, juga motornya naik trotoar juga hahahaa

      Hapus
  17. Balasan
    1. wahahahaha siapp, saya tidak akan ganggu

      Hapus
  18. Tips nomer 3 & 5-nya mau lakuin aaaah buat Senin depan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mbak Eka bisa menemukan kesenangan di hari senin besok

      Hapus
  19. keren tipsnya mas buat hari senin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipsnya buat mereka-mereka yang berangkat kerja hari senin ya

      Hapus
  20. Tips yg bagus untuk menghilangkan i don't like monday nih Mas Mandor...
    setuju banget. saya akan jadikan sbg kebiasaan baru di hari senin...
    Salam Mas Mandor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa menjadikan hari senin adalah hari yang baik

      Hapus
  21. Pas sekali saya baca postingan ini untuk bekal esok hari Senin.
    Kalau hari Senin masih diseneni cuma mbayangin pasar Senen saja.
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah semoga hari seninnya menjadi hari yang membahagiakan di awal bulan

      Hapus
  22. Balasan
    1. terima kasih mas telah rela berkunjung ke masa silam ini

      Hapus
  23. mas, tips nya sederhana tapi maknyus... barakallah ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha terima kasih masih mau obok-obok blog saya hingga posting di tempat ini

      Hapus

Ada komen, silahkan.
Mohon maaf jika tersandung Chapcha, setting saya sudah non-aktif tapi mungkin ini adalah kebijakan blogspot. Terima kasih